Kamis, 14 April 2011

kritik dan saran kunjungan industri

   Malam remang remang di timpa cahaya lampu listrik telah berbaris 4 buah bus di depan Kapolsek Bulukerto.SMK N 1ulukerto telah dengan sengaja menyewa bus bus tsb untuk mengadakan kegiatan kunjungan industri atau KI bagi para siswanya yang berada di kelas XI dengan kompetensi RPL,AK dan TMO.
KI ini bertujuan untuk menambah wawasan siswa  para siswa di dalam dunia industri yang sebenarnya.Pukul 10.00 kami para siswa telah berkumpul di depan Kapolsek Bulukerto dengan membawa ransel berisi peralatan pribadi kami.

       Malam tepat tanggal 28 Mart 2011 pukul 11.00 bus iu berjalan menuju kota Surabaya dan Bali tujuan utama KI kami,yang rencananya akan di lakukan sampai tanggal 1 april 2011. Keesokan harinya pukul 07.50 kami telah tiba di toko "PUSGITA" (pusat grosir tanggulangin) tepatna di Surabaya yang menjual aneka macam sepatu dan tas kulit.
       Dari kota Sura dan Baya kami langsung menuju Bali. Selain melakukan KI,juga di adakan kegiatan tambahan yaitu kunjungan ke beberapa tempat wisata seperti Tana Lot,Danau Bedugul,tanjung benoa,pantai kuta,dan panta sanur. Wisata ini di maksudkan untuk merefreskan pikiran para siswa setelah melakukan latihan semester.
       Tempat wisata yang paling berkesan buat saya adalah di Tanah lot,karena disini ada sebuah pura yang sanga indah menjulang di atas karang yang tinggi di tengah laut Sayang saat itu air laut sedang pasang sehingga banyak dari kami yang tidak bisa melihat melihat pura itu secara langsung dan mengambil air suci dari pure tersebut. Ingin rasanya saya ikut teman teman yang bergandengan tangan melewati ombak di tengah laut untuk masuk ke dalam pura itu tapi sayang saya tidak banyak membawa baju ataupun celana ganti.
       Pura itu nampak lebih indah saja ketika sinar matahari menyeruak muncul di antara mendung,nampak dari jauh pura yang masih berembun itu gemerlapan di timpa mentari pagi. Pepohonan yang agak rimbun di dekat pura menambah keagungan pura saja. Banyak teman teman yang memfoto sana sini untk mengabadikannya di hp.
Tempat yang paling berkesan setelah d tanah lot adalah di pantai kuta. Saya sangat senang berada di pantai yang banyak di bicarakan orang dan di pertontonkan di televisi. Ombak yang salng bergulung gulung berkejar kejaran dan suasana senja yang mulai datang membayang menambah keindahan pantai saja. Di sini saya dan teman teman saling berkejar kejaran di antara ombak yang menghempas pantai Sungguh sangat menyenangkan bermain pasir dengan teman teman. Sayang sungguh sayang kami harus segera kembali ke penginapan walaupun sebenarnya kami ingin melihat sunset di pantai kuta ini. Sangat berat rasanya kaki ini melangkah meninggalkan pantai kuta karena mungkin hanya satu kali ini saya dapat ke pantai yang sudah sangat terkenal di luar negara indonesia.
       Keesokan harinya kami yang mempunyai program RPL,melakukan kunjungan industri ke tempat pertama yaitu di Bali tv.Pukul 08.57 kamin telah di terima di  halaman depan,seorang petugas menjelaskan kepada kami bahwa Bali tv ini di dirikan pada tanggal 26 Mei 2002 dan telah berumur 9 tahun.Kami juga di bawa oleh seorang petugas untuk berkeliling ke percetakan harian pagi bali post.Percetakan ini sungguh luar biasa buat saya,karena mampu menghasilkan 5000 lembar koran perjam.
       Sayangnya di Bali tv kami tidak boleh masuk ke studio karena sedang di adakan siaran. Padahal kami ingin tahu bagaimana proses siaran yang dilakukan.
Pukul 10.15 pagi kami menuju tempat ki yang kedua yaitu di bamboo media yang bertempat di jalan Merdeka no45 bali. Perusahaan ini membuat cd cd software. Di sana nampak para kreativator tengah asyik bekerja Dan uniknya di dekat tempat para kreativator itu bekerja nampak banyak permainan serperti catur,playtation dll,yang di gunakan para kreativator untuk melepas penat di waktu istirahatnya karena perusahaan ini membutuhkan kreativitasan dari para kreativator.
      Alhamdulah,KI kami telah usai,tanggal 1 April 2011 kami harus meninggalkan pulau dewata,walaupun sebenarnya saya masih sangat ingin tinggal di pulau seribu pura ini.
Tepat sesuai jadwal pagi tanggal 1 April 2011 kami tiba kembali di depan kapolsek Bulukerto capek,letih,ngantuk menghantui kami tapi rasa itu telah terbayar dengan pengalaman melihat keindahan dan wawasan yang kami peroleh etelah melihat sendiri dunia industri yang sebenarnya. Dan saya mengharapkan ki yang akan datang lebih mementingkan kunjungan ke perusahaan atau menambah perusahaan perusahaan yang akan di kunjungi,untuk lebih menambah wawasan para siswa dan mengurangi obyek obyek wisata yang di kunjungi karena tempat wisata itu hanya untuk menyegarkan kembali pikiran para siswa hanya sedikit wawasan yang dapat di ambil yang berkaitan dengan kompetensi programnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar